Camat Harus Tanggap Persoalan Warga

Rabu, 03 Juli 2019 | 16:06:45 WIB | Dibaca: 568 Kali


Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah menghadiri Sertijab Camat Dendang

MUARASABAK- Wakil Bupati Tanjung Jabung Timu meminta kepada Camat untuk tanggap terhadap berbagai persoalan yang dihadapi warga. Hal ini disampaikan Wabup saat menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Dendang, Rabu (3/7) di Kantor Camat Dendang. Dalam sambutannya, Wabup menekankan agar kualitas pelayanan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan.

‘’Camat harus turun tangan dan tanggap terhadap masalah yang ada di masyarakat,’’ kata Wabup.

Pada otonomi daerah saat ini, aparatur pemerintahan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu memberikan pelayanan yang optimal. Karena pada hakekatnya, otonomi dilakukan agar pelayanan lebih dekat kepada masyarakat. Camat harus mampu melihat apa yang terjadi dilapangan, dan harus mampu mengantisipasi setiap permasalahan yang ada.

Apalagi, saat ini masyarakat sudah kritis. Makanya, Camat harus mampu menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik. Jika pelayanan ditingkat Kecamatan tidak baik, maka dampaknya juga tidak akan baik hingga ditingkat Kabupaten. Karena memang Camat adalah ujung tombak ditingkat Kecamatan.

“Begitu juga Kades, tetntu ujung tombak ditingkat Desa. Masyarakat lebih kritis, lebih pingin dilayani lakukan pendekatan. Agar optimalisasi pelayanan dapat berjalan lebih baik,”pintanya.

Maju ada atau mundurnya suatu Kecamatan kata Wabup, tergantung bagaimana peran Camat itu sendiri. Camat perlu menjalin koordinasi dengan semua istansi, baik itu vertikal ataupun Pemerintah Kabupaten. Sebab, persoalan pembangunan akan dapat diatasi jika koordinasi berjalan dengan baik.

‘’Disamping itu, dukungan masyarakat juga sangat penting. Sebab, Camat tidak akan mampu berbuat banyak tanpa dukungan dari masyarakat,” lanjutnya.

Wabup juga mengingatkan Camat soal pertanahan dan tata ruang. Camat diminta agar melakukan penertiban administrasi pertanahan melalui pengalihan hak dan mendayagunakan tanah secara produktif dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Begitu juga soal ADD dan DD. Dalam pelaksanaannya harus dimamfaatkan sesuai dengan ketentuan dan petunjuk program agar tujuan dan sasarannya tepat. PBB juga harus menjadi perhatian Pak Camat, karena PBB sangat menunjang pembangunan melalui pendapatan daerah,” tambahnya.

Kepada Camat yang lama, Wabup mengucapakan terimakasih atas dedikasinya selama ini. Dan harus difahami rotasi jabatan seperti ini merupakan hal yang biasa dan lumrah. Wabup juga berharap agar Camat yang terus memberikan sumbang saran untuk kemajuan Kecamatan Dendang. Apalagi, Camat yang juga merupakan bagian dari masyarakat Dendang.Sementara itu, Camat yang baru juga diminta untuk tidak meninggalkan wilayah.

Sertijab Camat Dendang dilakukan anatara Camat Dendang sebelumnya Sanusi kepada Camat Dendang yang baru yakni Amirudin yang juga sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Kebudyaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Tanjab Timur

Komentar Facebook