Masih Banyak yang Belum Tahu Aturan Baru E-KTP

Ditulis Pada 07 Mar 2018 | 14:59:07 WIB

Muara Sabak, (beritatanjabtim.com) – Meski sudah ada ketetapan resmi dari pemerintah jika Kartu Tanda PenduduK Elektronik (E-KTP) berlaku seumur hidup, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi tersebut. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Kamis (1/3) kemarin.

Padahal, sudah sejak dua tahun lalu, melalui Surat Edaran (SE) dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) tertanggal 29 Januari 2016, pemerintah menetapkan masa berlaku E-KTP seumur hidup. Hal itu merujuk Undang-undang nomor 24 tahun 2013 pasal 64 ayat (7) huruf a.

“KTP elektronik yang sudah diterbitkan sejak 2011 berlaku seumur hidup, tak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya, kecuali ada perubahan elemen datanya. Jadi semua pihak pemerintahan maupun swasta diharapkan bisa mematuhi ketentuan ini,” ujar Kepala Dinas Dukcapil.

Ditambahkannya, SE dari Mendagri tersebut sebelumnya juga diedarkan langsung ke instansi-instasi vertikal dan swasta. “Jadi pemerintah dan pihak swasta sudah tahu sebelum pihaknya menerima surat edaran itu.”

“Jadi langkah kami memberikan sosialisasi di setiap kecamatan. Dan pengumuman tersebut juga telah ditempelkan pada papan informasi kantor,” sebutnya.

Pembaruan E-KTP yang bisa dilakukan, seperti kartu E-KTP rusak, ada perubahan data dan lain-lain. Sementara E-KTP yang masa berlakunya habis pada tahun 2016 dan 2017, secara otomatis akan menjadi seumur hidup, tidak perlu diperpanjang.

“Misal ada E-KTP masa berlakunya habis tahun 2017, kemudian ada perubahan data, seperti status belum kawin menjadi kawin, itu secara otomatis jika sudah diperbaharui E-KTP nya menjadi seumur hidup,” terang Kadis Dukcapil.

Undang-undang yang mengatur masa berlaku E-KTP seumur hidup itu dibuat, karena kebanyakan masyarakat tidak tahu kapan masa berlaku KTP-nya habis, sehingga banyak masyarakat tidak melakukan perpanjangan masa berlaku. Untuk itu, atas kebijakan Pemerintah Pusat diterbitkanlah Undang-undang tersebut, dan menetapkan masa berlaku E-KTP seumur hidup.

“Memang sebagian masyarakat tidak tahu kapan masa berlaku KTP nya habis. Jadi pada saat masyarakat ingin mengurus sesuatu menggunakan KTP nya dan kemudian masa berlaku KTP nya habis, masyarakat tidak susah-susah lagi memperpanjangnya, karena sudah otomasti seumur hidup,” tukasnya. (Kjcom)

sumber : Copy Right  BeritaTanjabtim.com

Weblink Pemerintahan